Inilah 3 Finalis Peraih FIFA Ballon d'Or

Posted by Unknown On Kamis, 29 November 2012 1 komentar
Headline


INILAH.COM, Sao Paulo - Tiga nama pemain bintang kompetisi La Liga Spanyol, terpilih sebagai finalis calon peraih titel pemain terbaik tahun 2012 yang ditandai dengan Trofi FIFA Ballon d'Or. 

Seperti dalam beberapa tahun sebelumnya, penyerang andalan Barcelona, Lionel Messi dan mesin gol Real Madrid, Cristiano Ronaldo, masih bersaing di urutan teratas.

Namun, kali ini gelandang serang Barca serta Timnas Spanyol, Andres Iniesta, menjadi orang ketiga yang bisa menggagalkan keinginan Messi dan Ronaldo.

Kepastian terpilihnya 3 orang pemain tersebut, sebagai nominator final dari 23 nama yang masuk dalam daftar, diumumkan langsung oleh Presiden FIFA Joseph Blatter serta ditemani oleh dua ikon sepak bola Brasil, Ronaldo dan Marta, di Sao Paulo.

Dengan kembali masuknya nama Lionel Messi, striker asal Argentina itu, tercatat telah 6 kali menjadi nominator dan berpeluang menjadi pemain pertama yang memenangi bola emas sebanyak 4 kali secara beruntun.

Terhitung sejak tahun 2009, Messiah yang merupakan nyawa permainan Los Blaugrana, didaulat sebagai pemain terbaik. Jika ternyata ayah dari Thiago Messi itu terpilih sebagai pemenang, ia melampaui prestasi pemain legendaris seperti Michel Platini, Ronaldo dan Zinedine Zidane yang meraih Ballon d'Or sebanyak 3 kali.

Di bagian sepak bola wanita, pemain asal Brasil, Marta, harus bersaing dengan Alex Morgan dari Amerika Serikat dan Abby Wambach yang juga berasal dari Negeri Paman Sam.
Pengumuman siapa figur yang terpilih sebagai yang terbaik, bakal diumumkan 7 Januari 2013, di Zurich, Swiss.[iaf]