13 Jenis Lele Air Tawar Raksasa dan Berbahaya

Posted by Unknown On Jumat, 16 November 2012 4 komentar
1. Wels Catfish
Spoilerfor Wels Catfish


Wels Catfish merupakan ikan lele asli yang berasal dari kawasan Eropa Tengah dan Timur, namun akibat dilepaskannya beberapa ekor di Eropa bagian Barat, maka Wels Catfish dapat ditemukan di Spanyol hingga Inggris. Wels Catfish dapat tumbuh hingga mencapai 2.2 meter dan berat 180 kg.
Berbagai bendungan yang dibuat di kawasan Eropa merupakan tempat favorit Wels Catfish, karena kedalamannya dan luasnya perairan serta banyakya sumber makanan. Sejak abad pertengahan, Wels Catfish selalu digambarkan bahwa ia mampu menelan seseorang hidup-hidup.

2. Red Tail Catfish
Spoilerfor Red Tail Catfish


Red Tail Catfish menghuni sungai-sungai di Amerika Selatan seperti Amazon, Orinoco dan Essequibo. Ikan lele yang dapat mencapai panjang 2 meter dan berat 100 kg ini mayoritas ditemukan di Brazil dan Venezuela. Ciri khas dari ikan lele ini adalah kepalanya yang besar dengan tulang tengkora yang cukup panjang dan keras. Meskipun ikan lele jenis ini bisa tumbuh menjadi raksasa, namun mereka relatif tidak berbahaya bagi manusia.

3. Candiru
Spoilerfor Candiru


Oke, mungkin candiru sangat jauh dari kesan raksasa, karena ikan lele jenis ini ukurannya sangat kecil, dengan panjang sekitar 40 cm. Candiru menghuni sungai-sungai di Amerika Selatan seperti Amazon, Orinoco dan Essequibo. Namun bukan berarti ikan ini tidak berbahaya, Candiru merupakan ikan parasit yang memangsa darah dari mangsanya dengan cara menempel pada bagian tubuh mangsanya dan menghisap darahnya hingga kenyang. Candiru terkenal karena terdapat cerita dimana ikan ini dapat memasuki orang vital seseorang, karena seseorang tersebut kencing di sungai Amazon. Hal tersebut yang awalnya hanya mitos, sempat menjadi kenyataan pada tahun 1997, dimana seorang pria Brazil yang kencing di sebuah sungai setinggi lutu di Itacoatiara, Brazil. Pada saat itu Candiru kemudian melompat dan berhasil memasuki lubang organ vitalnya dan harus dikeluarkan melalui jalur operasi. Candiru mendeteksi mangsanya melalui kepekaan penciuman terhadap zat urea, yang ada di insang ikan dan juga air kencing manusia.

4. Candiru Acu
Spoilerfor Candiru Acu

Lagi-lagi spesies dari Candiru, namun sedikit berbeda, yaitu Candiru Acu. Sama halnya dengan Candiru biasa, Candiru Acu merupakan ikan lele parasit, namun ia tidak menghisap darah mangsanya, namun memakan mangsanya dari dalam ke luar. Hal ini dilakukan dengan cara "mengebor" masuk ke mangsanya dan mulai menggerogoti mangsa tersebut dari dalam tubuhnya. Terdapat catatan bahwa sejumlah orang tewas digerogoti Candiru Acu ketika sedang asyik berenang di sungai-sungai Amerika Selatan ini.

5. Mekong Giant Catfish
Spoilerfor Mekong Giant Catfish


Mekong Giant Catfish merupakan ikan lele terbesar di dunia, yang menghuni Sungai Mekong di Thailand. Spesies yang terancam punah ini memiliki panjang hingga 3 meter dan dapat mencapai bobot 300 kg!

6. Blue Catfish
Spoilerfor Blue Catfish

Blue Catfish merupakan salahs atu ikan lele raksasa yang ditemukan di kawasan Amerika Utara, khususnya di Sungai Mississippi. Ikan lele ini dapat mencapai berat 70 kg dan panjang 1.6m. Terdapat dugaan bahwa Blue Catfish memakan daging manusia yang tenggelam.

7. Jau Catfish
Spoilerfor Jau Catfish


Jau Catfish adalah spesies yang menghuni Sungai Orinoco dan Amazon di Amerika Selatan dan dapat mencapai panjang 1.4m dan berat 60 kg.

8. Piraiba
Spoilerfor Piraiba

Piraiba merupakan ikan lele yang berbentuk ramping dan menyerupai ikan hiu. Merupakan salah satu ikan lele terbesar, dengan panjang 3.6 meter dan mencapai berat 200 kg. Piraiba diduga pernah memangsa manusia.

9. Sareng Catfish
Spoilerfor Sareng Catfish

Sareng Catfish merupakan ikan lele yang mayoritas berasal dari India, dimana ikan ini memiliki kecenderungan bersifat agresif, akibat kebudayaan India yang menghanyutkan mayat-mayat di sungai, sehingga menjadi santapan Sareng Catfish. Ikan lele ini juga tercata memangsa bebek, anjing dan bahkan anak-anak kecil.

10. Vundu
Spoilerfor Vundu

Vundu merupakan ikan lele raksasa asal Afrika yang menghuni perairan Kongo, Zimbabwe, Zambia, Tanzania dan Uganda. Vundu memilik tubuh yang menyerupai ular dan memiliki kecepatan tinggi dan sangat kuat, sehingga mampu menarik seseorang yang memancing di daratan hingga tenggelam. Vundu dapat mencapai panjang 1.5 meter dan berat 55 kg.

11. Flathead Catfish
Spoilerfor Flathead Catfish

Flathead Catfish dikenal sebagai spesies penyerbu (invasive species) yang dapat merusak eksistensi spesies asli dari suatu daerah tertentu. Flathead Catfish dapat ditemukan di Amerika Utara, khususnya di North Dakota dan Arizona. Dengan panjang 1.5 m dan berat hingga 75 lg, Flathead Catfish merupakan ikan lele yang cukup besar di dalam kawasan Amerika.

12. Goonch
Spoilerfor Goonch


Goonch merupakan ikan lele yang berasal dari Sungai Kali, India. Goonch merupakan salahs atu ikan lele yang dianggap paling berbahaya, Dengan panjang 2 meter dan berat hinga 75 kg, Goonch memiliki gigi yang tajam dan dilaporkan memangsa manusia dan memakan mayat manusia yang dihanyutkan di sungai di India.

13. Walking Catfish
Spoilerfor Walking Catfish


Naaah ini dia! Kalau kaskusers penasaran dengan Bahasa Inggris-nya ikan lele yang sehari-hari dijumpai di piring atau di empang, maka inilah yang disebut Walking Catfish, atau ikan lele biasa. Disebut "walking" karena ikan lele ini dapat "berjalan" di daratan dengan menggerakkan tubuhnya ke kiri dan ke kanan. Kalau kaskusers pernah pergi ke pasar, pasti pernah dong melihat ikan lele yang masih bisa hidup dengan kadar air yang minim. Apakah ikan lele ini berbahaya? Bisa jadi. Karena jika tidak berhat-hati memegangnya, kita dapat terkena patil atau duri yang terdapat pada sirip atas dan depan ikan lele ini. Patil ini mengandung racun. Meskipun tidak mematikan, dapat menimbulkan rasa sakti yang luar biasa, dan dapat pula membuat demam dan pusing-pusing.

4 komentar:

MWB BLOG mengatakan...

Ikan candiru benar benar berbahaya teryata, makasih infonya gan

Unknown mengatakan...


for normal or healthy humans when exposed to these toxins will experience early symptoms instantaneous pain in the back of the head rather part of the brain
bandar togel indonesia

Anonim mengatakan...

ok

Unknown mengatakan...

terimakasih infonya sangat membantu, jangan lupa kunjungi website kami http://bit.ly/2PCSHxk

Posting Komentar