10 Mesin Ketik Paling Cantik Sepanjang Sejarah

Posted by Unknown On Kamis, 22 November 2012 0 komentar
Banyak diantara kita (gak semua lho), yang dah jarang banget liat mesin ketik. Mesik ketik manual, maksudnya. Bukan spt keyboard buat ngetik tulisan ini.
Walaupun tinggal sejarah, tapi sistem QWERTY dalam mesin ketik tetap dipakai utk standard smp sekarang.
Nah, ini ada 10 mesin ketik yang cantik2. Peninggalan sejarah, tapi sangat keren. simak deh:
Spoilerfor 10 mesin ketik cantik
1. Scholes n Glidden.
Spoilerfor #1.Scholes n Glidden

Spoilerfor gambar


Mulai memproduksi mesik kecik sejak 1873. Menjadikan Scholes n Glidden Typewriter sbg pembuat mesik ketik masal yg pertama. Di sini pula sejarah sistem QWERTY di mulai. Pencetusnya adalah Chirstopher Latham Sholes dan Charlos S. Glidden.


2.The Crandall New Model.
Spoilerfor #2.The Crandall New Model.

Spoilerfor gambar


Mengeluarkan Model pertamanya tahun 1885. Terlihat keren karena sangat minimalis.


3.The Mignon Typwriter
Spoilerfor #3.The Mignon Typwriter

Spoilerfor gambar


Salah satu pelopor mesin ketik elektrik. Menggunakan papan index dengan 84 karakter, dilengkapi dengan alat tunjuk (mungkin ini cikal bakalnya touchscreen). Jarum tunjuk tsb akan membuat silinder ketiknya menempatkan diri sesuai dengan karakter yang dikehendaki. Selanjutnya tinggal klik tombol Print. Gambar ini adalah model The Mignon 4, keluaran tahun 1923. Mjd model paling sexy buatan mereka.


4. The Hermes 3000
Spoilerfor #4. The Hermes 3000

Spoilerfor gambar


Gak ada yang special dari mesin ketik ini, kecuali desainnya yg terlihat empuk. hehehehe. Curvy lines dari mesn ketik ini membuatnya populer selama beberapa dekade. Model ini keluar pertama kali tahun 1950-an. Bahkan smpai hari inipun, masih kelihatan sexy, kan?


5. Underwood No.5
Spoilerfor #5. Underwood No.5

Spoilerfor gambar


Mesin ketik ini menjadi standart mesin ketik secak 1900, menggantikan Scholes n Glidden.


6. The Hansen Writing Ball.
Spoilerfor #6. The Hansen Writing Ball

Spoilerfor gambar


Mesin ketik dengan bentuk aneeeeh. hhehehehe. Juru ketik kudu meletakkan jari2 diatas kumpulan tuts di bagian atas. Dan kertasnya ada di bawahnya langsung. Aneh bentuknya, susah lagi ngetiknya. Kayaknya hanya orang-orang special yang punya dan menggunakan, salah satunya Friedrich Nietzche (mungkin gagasan Tuhan sudah meninggal lahir di mesin ketik aneh ini, hehehehe)


7. The Lattera 10.
Spoilerfor #7. The Lattera 10

Spoilerfor gambar


Juga gak ada yg special dari mesik ketik ini. Namun demikian kombinasi antaara desain lengkung dan sudut, menjadikannya punya dampak dalam desain2 sampai saat ini.


8. The Hammond
Spoilerfor #8. The Hammond

Spoilerfor gambar


The Hammond memproduksi mesik ketik pertamanya pada tahun 1880. Langsung mesin ketik ini menyedot perhatian. Lihat saja, sekilas sperti wajah yang tersenyum. hehehe 


9. The Simplex
Spoilerfor #9. The Simplex

Spoilerfor Video


Istilahnya pakai "disc-cum-keyboard", gimana tuh bahasa indonesianya? Saking simple nya, malah terlihat sperti mainan yah? heheheh. Yang jelas inilah mesin ketik 11 alias 2 telunjuk. 1 telunjuk untuk pencet, 1 telunjuk lain untuk muter piringan hurufnya. Bayangin klo posting di kaskus pake mesin ketik ini. wakakaka. bisa ampe besok lusa baru kelar.


10. Olivetti Valentine
Spoilerfor #10. Olivetti Valentine

Spoilerfor gambar


Mesin ketik keluaran tahun 1970 ini bentuknya gak lagi seperti wajah tersenyum, tapi malah seperti wajah dengan mulut terbuka mengeluarkan papan ketik. hehehehe.

0 komentar:

Posting Komentar